RSS

MASA DEPAN ADA DI TANGAN SEKARANG…

07 Mei

tidak terasa masa TPB segera berakhir. dengan begitu setiap mahasiswa TPB ITB yang masih tergabung dalam fakultas atau sekolah akan mendapatkan jurusan yang diinginkan. bagi yang masih bingung dalam milih jurusan berikut ada beberapa pertanyaan yang didapat dari kuliah Konsep Teknologi hari ini :

1. apa profesi yang anda inginkan dan kapan hal itu akan terwujud?

2. apa saja syarat2 untuk menjadi orang yang berprofesi di bidang tersebut?

3. bagaimana keadaan/posisi anda saat ini?

4. apa yang anda lakukan untuk mendapatkan hal itu?

pertanyaan ini dilontarkan oleh dosen kontek tepatnya beliau mengajar bidang studi meteorologi tadi siang. beliau juga berkata, “jika profesi yang kamu inginkan berbeda dengan bidang studi yang kamu pelajari maka kamu adalah orang yang gagal”. jika kamu sekarang studi di kebumian dan kamu ingin berprofesi sebagai ahli elektronika maka kamu akan kalah dengan orang-orang yang memang kuliah di elektro. jika kamu ingin berprofesi sebagai ahli manajement maka kamu akan kalah dengan orang yang kuliah di bidang manajemen itu sendiri. maka jadilah orang yang berhasil di bidang yang kamu pelajari dan kamu dalami.

beliau juga berkata,”saya menguasai bidang ekonomi, manajemen, kebijakan pembangunan, meteorologi. saya memilih bidang meteorologi karena saingan saya tidak ada. orang yang ahli ekonomi belum tentu ahli dalam bidang saya (meteorologi). begitu banyak orang yang lulusan ekonomi, manajement tapi sedikit yang ahli dalam bidang meteorologi.” tidak hanya meteorologi, tetapi juga oseanografi, astronomi, geodesi, geologi, geofisika, minyak, tambang, mesin, elektro, informatika, farmasi, biologi, lingkungan, yang jika kita ahli dalam bidang itu dan kita ingin, tidak akan ada yang bisa membantah kita kecuali orang yang sebidang dengan kita. apalagi yang dalam bidang itu hanya sedikit, pastinya apa yang kita lakukan adalah sesuatu yang istimewa.

contoh sederhana, dengan mudahnya kita bisa membuat sesuatu yang dipatenkan sendiri. karena tidak ada yang bisa berbuat seperti kita. tapi alangkah malangnya jika kita menemukan sesuatu yang dalam saat bersamaan orang lain juga menemukan dan dia mematenkan hal tersebut, maka percuma saja kita menemukan hal itu.

yang jelas, pilihlah jurusan yang kamu sukai dan kamu bisa jadi yang terbaik disana. selamat mengakhiri masa TPB mu…yang kata angkatan atas itu “masa2 TPB adalah masa2 yang paling indah”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 7, 2008 inci pikiran hati

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: