RSS

BBM naik, mahasiswa pun naik,…

12 Mei

BBM, bahan bakar minyak yang masih menjadi sumber energi utama bagi sebagian besar negara di dunia terutama di Indonesia. Masyarakatpun sangat bergantung kepada minyak, dari kalangan bawah hingga kalangan elitpun membutuhkan minyak untuk menjalani kehidupan mereka. Tidak sedikit masyarakat di Indonesia ini yang memilki kendaraan bermotor yang membutuhkan minyak sebagai bahan bakarnya. Semuanya bergantung kepada minyak. Ketika harga minyak naik, semua harga sembako dan semua harga kebutuhan lainnya juga ikut-ikutan naik. Hal ini membuat ketakutan dari semua pihak yang belum siap dengan perubahan yang cukup drastis khususnya golongan masyarakat menengah ke bawah.

Berbagai demonstran yang tergabung dalam berbagai persatuan menyerukan tidak setuju dengan keputusan pemerintah yang memutuskan untuk menaikkan harga BBM. Bahkan foto SBY-JK tidak segan-segan di bakar di depan istana negara

Bahkan foto SBY-JK tidak segan-segan di bakar di depan istana negara. Lihat juga di http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/12/17401852/demonstran.bakar.foto.sby-jk.di.depan.istana

Tidak hanya masyarakat saja yang berdemonstrasi tentang kenaikan harga BBM ini, mahasiswa juga ikut ambil bagian dari situasi seperti ini. Bahkan mahasiswa dan masyarakat pun bersatu untuk menyerukan hal itu. Terlebih lagi ribuan mahasiswa yang tergabung dalam forum kota (forkot) meminta SBY-JK turun dari jabatannya. “Kami menolak kenaikan BBM karena alasan penarikan subsidi yang akan dialihkan menjadi Bantuan Langsung Tunai adalah taktik SBY-JK untuk membohongi rakyat Indonesia,” ujar Humas Forkot, Sapta Delanu.

Ada apa sebenarnya dengan negara kita?. Negara yang kita cintai ini membuat rakyat yang hidup di dalamnya tidak merasa nyaman dan bahkan menderita. Salahkah pemimpin kita?. Wajar kalau pemimpinlah yang di salahkan karena tidak ada lagi yang bisa disalahkan kecuali pemimpin yang gagal dalam menjalankan tugasnya. yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kegagalan seorang pemimpin itu disebabkan oleh dirinya sendiri yang tidak bisa memimpin atau dari rakyatnya yang tidak mau dipimpin karena merasa selalu dirugikan?. Apakah dengan mengganti pemimpin negara ini akan menjadi lebih baik sedangkan rakyatnya saja tidak mau dipimpin dan selalu mengkritik apa yang dilakukan dan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemimpin?. Kalau begitu apakah rakyat lah yang harus diganti dengan rakyat yang baru agar negara ini lebih baik?.

Rakyat harus diganti? diganti dengan apa? maksud saya pikiran-pikiran rakyat lah yang harus diubah, alangkah baiknya sesekali mendukung kebijakan yang dibuat pemerintah. Maksud saya, pemerintah dan rakyat harus satu pandangan dan satu tujuan dan sehingga menjadi saling mendukung satu sama lain. Intinya, komunikasi antara rakyat dan para wakilnya harus terjaga. Yang kita lihat sekarang kan para wakilnya yang masih sibuk dengan urusan balik modal.

Alangkah baiknya jika mahasiswa menyampaikan aspirasinya dengan berdialog atau berdiskusi. Hal ini lebih menyadarkan seorang pemimpin untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah diperbuatnya baik disengaja ataupun tidak. Mahasiswa adalah pemuda harapan bangsa yang suatu saat akan menjadi pemimpin di negara ini. Tidaklah wajar seorang calon pemimpin negara berunjuk rasa dengan cara yang primitif seperti memblokir jalan, aksi lempar telur busuk, bakar membakar, hal ini akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Semua ini hanya pikiran saya saja. Saya tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun. Saya juga hanya menyampaikan aspirasi saya tidak untuk mencari musuh ataupun lawan. Mohon maaf jika ada kata-kata saya yang salah.

 
10 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 12, 2008 inci pikiran hati

 

Tag:

10 responses to “BBM naik, mahasiswa pun naik,…

  1. catra

    Mei 13, 2008 at 10:46 pm

    sebenarnya kenaikan harga BBM tak lepas dari pengaruh naiknya harga minyak dunia yang mencapai 120 USD /barel. pemerintah cukup berat apabila mensubsidi BBM terus menerus yang kenyataannya tidak akan membantu rakyat kecil, malah mensubsidi orang-orang kaya yang boros akan BBM.

    langkah pemerintah untuk menaikkan BBM cukup tepat, karena hal itu dapat membuat masyarakat lebih hemat lagi dalam penggunaan BBM, menggalakkan penggunaan sepeda minimal di kampus dan wiayah perkantoran. dan menarik masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.
    dan uang subsidi itu dapat dialihkan ke bidang lain semisal pendidikan kesehatan dlsb.

    http://sutanmudo.co.cc

     
  2. incekrajo

    Mei 13, 2008 at 11:05 pm

    saya setuju dengan anda saudara catra, kelangkaan minyak dunia yang mengakibatkan naiknya harga minyak tersebut membuat kita harus tersadar bahwa kita harus menghemat pemakaian BBM. atau dengan memakai energi alternatif seperti biogas. tapi entah kenapa masyarakat kebanyakan enggan untuk memakai biogas ini, padahal proses pembuatanya tidak rumit. mungkin karena baunya yang nyengat.

     
  3. Widya

    Mei 14, 2008 at 11:22 am

    sapaham wak nado ..

    Bukan hanya pemimpin yang harus memahami rakyatnya,
    tapi juga rakyat harus memahami pemimpinnya.

    Kalo sekarang masih dipaksakan subsidi,
    bisa-bisa 10 tahun lagi, negara kita jadi termiskin di dunia.

     
  4. Nilna R.Isna

    Mei 14, 2008 at 2:28 pm

    Ceilah……

    keyyen mah…..

    JALEH BANA mahasiswa mah Nad….

    Tapi oke.. keyyen…

    eh, masukin link nilna disini dunk….

    http://nilna.wordpress.com

     
  5. incekrajo

    Mei 14, 2008 at 6:55 pm

    @ni widya : benar uni…saya teringat kata dosen saya hari ini, beliau berpendapat “subsidi itu merupakan pembodohan bagi rakyat, sekarang rakyat berlomba2 untuk dikatakan miskin karena dikasih uang alangkah baiknya jika pemerinah memberikan pekerjaan dan menggaji mereka…

    @nilna : ok! udah nado masukin na…

     
  6. Catra

    Mei 15, 2008 at 9:08 am

    lucu juga mendengar kata dosen nado, “rakyat berlomba-lomba menjadi miskin” ya, saya juga melihat realita itu, dulu sewaktu ada pembagian dana kompensasi BBM, banyak yang berebut mendaftar bahwa ia miskin dan berhak mendapat jatah 100rb per bulan. nyatanya saat dijemput uangnya, ada yang pakai motor, berbagai macam perhiasan dengan gaya berlagak kaya.

    sekali, lagi, rakyat seharusnya tidak dimanjakan oleh berbagai macam subsidi, yang akhirnya membuat mereka malas berusaha karena terbuai oleh berbagai macam bantuan

    http://sutanmudo.co.cc

     
  7. incekrajo

    Mei 17, 2008 at 7:06 am

    bahkan, ada juga yang ngantri sambil dengerin mp3 catra. ada juga yang karena bosan menunggu antrian, mereka ada yang berfoto-foto ria menjelang giliran mereka tiba. sungguh keterlaluan sekali mereka itu.

     
  8. Rudi

    Mei 22, 2008 at 5:21 am

    Tentu saja pemerintah menaikkan harga BBM adalah hal yang sangat tepat. Itu hal yang wajar dan seharusnya tidak menimbulkan kontroversi dari masyarakat. Semua lapisan masyarakat harusnya bisa menerima alasann kenapa pemerintah harus menaikkan harga BBM. Jawaban sangat simpel, karena BBM tidak bisa naik sendiri.

     
  9. Ernest Rutherford

    Mei 23, 2008 at 2:36 pm

    Menurut analisa dari Wak Nado, Indonesia berpotensi sebagai negara tertentram di dunia. Bagaimana tidak, orang tidur, nonton tv, ngopi dibiayai pemerintah e? Lha kurang gimana sih! Kayaknya Arab Yaman, dan Hongkong mulai kesepian akan TKW-TKW Indonesia yang akan dianiyayanya. Daripada dipukuli, diterjunkan, disetrika dan blm tntu dapet upah, kini mereka memilih nongkrong aja di rumah Karena mereka telah adem, ayem, tentrem dibiayai pemerintah tanpa harus melakukan sesuatu yang berarti. Wenak tenaaaan!!!

     
  10. evanrama

    Juli 3, 2008 at 1:00 pm

    untung saya kekampus gak pake modal alias jalan kaki ( deket sich)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: