RSS

Dua Hari di Pulau Pari

03 Nov

Bingung juga mau mulai darimana, jadi kalo ntar ceritanya rada2 bolak-balik harap maklum aja yah. tapi bakalan gw usahain biar lebih sistematis.

Ibarat sebuah karya tulis, pasti ada latar belakang. Nah, latar belakang atau sebab-musababnya gw ke pulau pari adalah karena itu merupakan sebagian dari kuliah gw di oseanografi. Ya semacam kuliah lapangan gt. Meliputi mata kuliah Oseanografi Lingkungan, Oseanografi Biologi Kimia, Oseanografi Perikanan, Sedimen transport, dan Menejemen Pesisir. Kira-kira pesertanya ada sekitar 60 orang, 4 asisten, dan satu dosen pembimbing. Pesertanyapun tidak hanya dari program studi Oseanografi saja, tetapi juga dari program studi matematika dan fisika yang mengambil mata kuliah Oseanografi Lingkungan.

pulau pariPerjalanan dimulai jam 03:30 am (dini hari atau subuh ya??). Dari gerbang depan ITB menuju Muara Angke menggunakan bus, walaupun ada beberapa orang yang gak kebagian tempat duduk (kasian amat dah…). Gw sengaja ketika naik bis milih duduk di depan karena bisa dengan tenang tidur sampe muara angke, (gw belum tidur karena ada PPAB UKM dan LPJ BP HMO-TRITON) dan salah stu alasan yang lain adalah kalau duduk di depan pasti banyak cewe-cewe…hahhaha…(sekalian kenalan…). Sekitar jam 8 pagi kita sampai di muara angke, pas gw bangun dan turun dari bis,…………bau tai’, bau got, bau ikan busuk, bau keringat si bonbin bercampur aduk dalam pernafasan gw. Ternyata si bonbin emang ada di depan gw, buset dah. Dengan sedikit pengarahan dari koordinator lapangannya kita langsung jalan ke pelabuhan dan naik kapal. gw kira sebelumnya bakalan naik kapal gede kaya Titanic, taunya kapal kayu kecil yang pake mesin tempel doang. Udah berisik banget, panas mesinnya kemana-mana, bau oli, dan bau keringet si bonbin (sorry ya bon…hehe:D).

Tetapi semua bau-bau itu hilang ketika kapal udah mulai bergerak meninggalkan pelabuhan muara angke. Hembusan angin laut menyegarkan semuanya, tetapi itu tak berlangsung lama. Tiba-tiba si bonbin lewat depan gw dan gw pindah duduk di belakang. Gw duduk dengan santainya sambil ngeliat kelaut, yah..hanya laut yang bisa dilihat, sesekali ada beberapa pulau kecil yang kami lewati. Tiba-tiba saja mata gw tertuju pada apa yang ada di sebelah gw. Seorang cewe chinese cantik lagi tidur di sebelah gw cuy, dia emang yahud lah. (sebenerny gw pengen mendeskripsikan lebih lanjut tapi karena blog ini dibaca jg sama fans-fans gw jadi gw batalin niat itu)

Singkat cerita, ketika hampir 2 jam diatas kapal, pulau pari mulai terlihat dari kejauhan. Gw bergegas menuju dek kapal biar pemandangannya lebih eksotis. (walaupun dibelakang ada yang lebih eksotis) Air laut yang begitu jernih sehingga bisa ngeliat karang2 di dasar laut dengan banyak ikan2 kecil lucu bermain disana. It’s amazing…!!. Gw bersorak gembira (dalam hati) ini tempat yang paling keren yang pernah gw kunjungi.

anak21Ketika sampai di dermaga, beberapa anak kecil penduduk setempat lagi bermain ala anak-anak, gw lupa mereka main apaan tapi yang pasti mereka bermain bersama.haha. Mereka memakai seragam sekolah dan sedang berain di dermaga, gw liat jam sekarang masih jam 10:30, tapi kenapa mereka sudah bermain??. Kontan langsung gw tanyain mereka:

“dek, gak sekolah? ”

Mereka cuma diam aja, gw kira mereka gak ngerti bahasa indonesia. trus gw tanya lagi aja, siapa tau mereka budeg,

“sekolahnya dimana dek??”

sambil senyum-senyum ketua genknya menjawab,

“di Timur bg, di madrasah”

“Trus kenapa gak sekolah, malah main disini…”

“Lebih asikan maen bg..hhahah..”

serentak mereka langsung kabur takut gw aduin ke gurunya, atau takut sama bonbin yang tiba2 lewat depan mereka. entahlah. Gw langsung jalan kaki menuju mess LIPI yang ada di Barat pulau itu. Sampai di mess pikiran gw cuma 1, MANDI. Karena panasnya gak tanggung-tanggung, langsung masuk ke kamar mandi dan tau-taunya semua air di dalam bak dan air yang mengalir di kran kamar mandi itu adalah asin. Tepatnya air payau (campuran antara air laut dengan air tawar) dan tidak ada air tawar di pulau itu selain yang mereka impor dari daratan yang mereka sebut aqua. Mau gimana lagi, gw mandi pake air garam cuy, gak enak. Habis mandi badan terasa lengket-lengket walaupun udah cukup seger.

masyAgenda hari ini adalah wawancara dengan mayarakat sekitar, pengambilan data air laut, dan mempelajari bakau dan terumbu karang. Dan tibalah saat-saat yang ditunggu-tunggu, snorkling time…walaupun harus berjalan hampir satu kilo ke tengah laut. Ini yang pertama kalinya gw snorkling langsung di laut dengan pemandangan yang luar biasa cuy, semakin bertambah kuat keingingan gw untuk menjadi fotografer bawah laut. Pokoknya keren abis lah, yah walaupun tangan gw harus lecet kena karang. Semuanya pada snorkling dan itu menambah keseruan bersorkling ria di pulau pari ini.

Keesokan harinya pagi-pagi kita kembali ke laut, kali ini kita akan menanam lebih dari 300 bibit pohon bakau. Setelah gw tanam keempat bibit tersebut gw kembali ke pantai, dan tiba-tiba saja dosen gw bilang dan menyadarkan gw akan apa yang sedang terjadi

“do, kamu contoh dong si reza, kerjaannya emang tidur terus, tapi kalau lagi ada kegiatan dia langsung dapet.”

dengan horny secepatnya pandangan gw menuju si reza, “babi…”. Si reza lagi nanam bibit bakau sama anak fisika, lagi pedekate dia, dan tiba-tiba pandangan gw tertuju pada si apriansah, gilak..dia juga lagi nanam bakau sama anak matematik yang chinese cantik itu (tapi beda dengan cewe chinese yang tidur di sebelah gw waktu di kapal), si sule juga sama temennya si reka anak fisika juga. Kenapa gw gak kepikiran kesana ya?? Padahal ada anak metematika 2008 yang terus ngelirik gw sebelum nanam bakau itu. SIAL…

Pukul 11:00 kita semua udah siap untuk kembali ke kampus tercinta. Cukup sedih harus meninggalkan berbagai kesenangan dan kegembiraan itu.  Ingin rasanya kembali kesana. Mudah-mudahan kembali lagi kesana tahun depan.

lipi

LIPI

all2

pulau pari

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada November 3, 2009 in Alfer 'bout & stories

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , ,

9 responses to “Dua Hari di Pulau Pari

  1. Adam Kurniawan

    November 3, 2009 at 2:23 pm

    Info yang mantab sob. Ditunggu kunjungan baliknya ya sob!
    Plus kasi komen ya, biar impas, hehehe!
    Oya, mau tukar link?
    Saya tunggu konfirmasinya ya?

     
  2. incekrajo

    November 3, 2009 at 3:18 pm

    pasti…

     
  3. frezyprimaardi

    November 4, 2009 at 3:56 pm

    agiah kawan..baa ndak bafoto paja cainis tu???lumayan untuak koleksi si Bugil..hahahaha
    bilo2 kasitu wak liak…ajak anak matematika tu…hahah
    tapiiiiii…………….
    inyo sorang..awak baduo…triple bro..ckckckck

     
  4. incekrajo

    November 4, 2009 at 7:10 pm

    hahhaa…pangana ang lai…tapi ndak baa jo tu doh..
    hahaha

     
  5. Incekrajo

    November 22, 2009 at 11:47 pm

    javascript:var%20d=document,f=’http://www.facebook.com/share’,l=d.location,e=encodeURIComponent,p=’.php?src=bm&v=4&i=1258907963&u=’+e(l.href)+’&t=’+e(d.title);1;try{if%20(!/^(.*\.)?facebook\.[^.]*$/.test(l.host))throw(0);share_internal_bookmarklet(p)}catch(z)%20{a=function()%20{if%20(!window.open(f+’r’+p,’sharer’,’toolbar=0,status=0,resizable=1,width=626,height=436′))l.href=f+p};if%20(/Firefox/.test(navigator.userAgent))setTimeout(a,0);else{a()}}void(0)

     
  6. uci

    April 28, 2011 at 11:27 pm

    nngggg, agak serem membayangkan kapalnya da ><

     
    • alfer

      April 28, 2011 at 11:45 pm

      kapalnya bukan yang ada di foto cewe2 itu kok uci…
      kata temen uda kapalnya gedean muat buat 200 orang katanya…

      selamat ke pulau pramuka…

       

Tinggalkan Balasan

 
