RSS

Oseanografi

13 Nov

Yah, oseanografi. Gw pengen kasih tau aja kalo oseanografi adalah hidup gw, dimana gw akan lebih menghabiskan banyak waktu disana kelak setelah lulus dari Institusi ini. Oseanografi juga telah banyak menginspirasi gw dalam menjalani hidup yang sekarang. Lebih baik kita mengenal apa itu oseanografi.

Oseanografi (berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan γράφειν atau graphos yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan) adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Secara sederhana oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. Seperti diketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. Sementara itu bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet Bumi dikelompokkan ke dalam biosfer.

Oseanografi adalah bagian dari ilmu kebumian atau earth sciences yang mempelajari laut,samudra beserta isi dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samuderanya. Secara umum, oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang ilmu utama yaitu: geologi oseanografi yang mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut; fisika oseanografi yang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus, gelombang, pasang surut dan temperatur air laut; kimia oseanografi yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut, dan yang terakhir biologi oseanografi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan flora dan fauna atau biota di laut.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang sangat panjang, yang memiliki keanekaragaman hayati bawah lautnya, yang memiliki potensi sumber energi terbarukan, yang membuat orang-orang luar negri terpesona dengan keindahan alamnya. Cuma, apakah kita sadar atau tidak dengan hal itu??

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada November 13, 2009 inci Oseanografi

 

Tag:

6 responses to “Oseanografi

  1. frezyprimaardi

    November 13, 2009 at 11:22 am

    oseanografi….
    ga beda jauh ma mata kuliah gw..hidrografi…
    asik banget ne kalo kerja di bidang ini…duit nya banyaaakkk…
    tapi resiko nya juga gede…
    terapung-apung di tengah laut selama 3 bulan atau lebih….
    dan terancam menjadi seorang Homo…hahahah

     
  2. incekrajo

    November 13, 2009 at 11:41 am

    hahaha…
    satu lagi..
    sayang sama istri..
    nanti digangguin sama orang lagi kalo ditingal lama…
    hahaha….

    tapi itu konsekuensi, jadi ya bawa aja istri ke laut…hahaha..
    kalo gak ya cari istri orang laut juga…

     
  3. frezyprimaardi

    November 13, 2009 at 12:38 pm

    hahahaha…
    kalo gw udah berkeluarga,mending gw kerja di kantor aja do…
    tapi kalo masih membujang…baru deh mengarungi lautan…hahaha

     
    • incekrajo

      November 13, 2009 at 12:58 pm

      emang pengen gitu jg sih bro…
      salam laut…
      haha..

       
  4. welly sylvia

    Mei 27, 2010 at 1:32 pm

    smangat dek..
    semoga istiqomah di bidang ini..
    *jangan seperti saya* 🙂

     
  5. Athia Aloha

    Februari 26, 2011 at 11:35 am

    waaaahhh…asik bnget tau bljar mengenai oseanografi,,,,,,,
    mata kuliah saya tu saat ini……

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: