RSS

Kecak

15 Nov

kecak

Tari Kecak ialah pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun demikian, Kecak berasal dari ritual Sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat.

 

Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rhama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa.

Lagu tari Kecak diambil dari ritual tarian Sanghyang. Selain itu, tidak digunakan alat musik. Hanya digunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana.

Sekitar tahun 1930-an Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sanghyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak mempopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.

Foto ini di ambil di panggung seni budaya Institut Teknologi Bandung dalam acara Pekan Seni Budaya. Dalam pekan seni budaya ini juga ditampilkan tari piring dan tari saman.

Mari kita lestarikan budaya kita sendiri. No dugem. No Porn. No Drugs…

 
33 Komentar

Ditulis oleh pada November 15, 2009 inci Fotografi

 

Tag: , , , ,

33 responses to “Kecak

  1. chidua

    November 15, 2009 at 7:07 pm

    Request: pembahasan tari pasambahan, tari rantak, tari piriang, dan teman-teman lainnya ๐Ÿ™‚

     
  2. incekrajo

    November 15, 2009 at 7:27 pm

    okok uni…
    tunggu aj…
    hehhe

     
  3. Isnuansa

    November 15, 2009 at 9:31 pm

    Tari kecak ga pake instrumen ya.. Hanya mulut dan krincingan. Semoga ga diklaim malaysia.

     
    • incekrajo

      November 15, 2009 at 10:07 pm

      ya begitu lah mba’…hehehe…
      semoga saja…

      dukung budaya Indonesia..

       
  4. alisnaik

    November 15, 2009 at 9:45 pm

    tari kecak emang artistik.
    tapi menurut saya, lebih artistik tari saman.

     
    • incekrajo

      November 15, 2009 at 10:05 pm

      kalau di minang…tari saman bisa mirip tari indang…hehehe..

       
      • alisnaik

        November 16, 2009 at 1:51 am

        apaan tuh tari indang ??

         
        • incekrajo

          November 16, 2009 at 8:21 pm

          tunggu kabar selanjutnya aja deh mas…
          susah menjelaskannya…

           
          • alisnaik

            November 21, 2009 at 7:42 am

            siap.

            saya akan setia menunggu, hingga tahun 2012

             
  5. Ahmad Farisi

    November 15, 2009 at 11:18 pm

    indah mengenal budaya lain… nice post

     
    • incekrajo

      November 16, 2009 at 8:21 pm

      makasih nih mas…
      budaya indonesia emang indah semua…
      kecuali budaya korupsi

       
  6. willyafurqan

    November 16, 2009 at 8:31 am

    apo ko kawaaaaaaaaaaaan….

    ampunnnnnnnnnnnnn
    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

     
    • incekrajo

      November 16, 2009 at 8:23 pm

      hahhaa…
      mantab kan??

       
      • Zhoya

        November 19, 2009 at 8:55 pm

        apa ko (juga) kawannnnnnnn…………
        ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

         
        • incekrajo

          November 22, 2009 at 10:47 am

          apa sih zho??

           
  7. andyan

    November 16, 2009 at 10:59 am

    belum pernah nonton
    kayaknya seru tuh

     
    • incekrajo

      November 16, 2009 at 8:35 pm

      seru mas..
      coba aja lihat disini mas…>>>>>

       
  8. dobleh yang malang

    November 17, 2009 at 11:19 pm

    heheh tiap perpisahan kelas blue suka nariin ini lho ehhehe
    salam hangat selalu
    pa cabar

     
    • incekrajo

      November 22, 2009 at 10:38 am

      salam hangat…
      kabar baik…
      pengen liat blue nari kecak…

       
  9. Febe Fernita T

    November 19, 2009 at 9:24 am

    kebudayaan Indonesia emang TOP.

     
    • incekrajo

      November 22, 2009 at 10:53 am

      pasti…makanya sering di curi…
      hhehe…

       
  10. Zhoya

    November 19, 2009 at 8:57 pm

    klo tari cicak ada gag beib???

     
    • incekrajo

      November 22, 2009 at 10:54 am

      kamu ada2 aja beib…hehehe..

       
  11. bluethunderheart

    November 20, 2009 at 1:03 pm

    apo cabar bang
    salam hangat selalu

     
  12. alisnaik

    November 21, 2009 at 7:41 am

    PEMBUKAAN:
    selamat pagi

    ISI:
    belum update juga, kawan
    ayoo ๐Ÿ˜ฎ

    PENUTUP:
    terima kasih dan mohon maaf

     
    • incekrajo

      November 22, 2009 at 10:55 am

      hahaha..
      iya nih..
      lagi sibuk-sibuknya…
      tetap berkunjung yah..

       
  13. tukangpoto

    November 21, 2009 at 10:10 pm

    Hanya mau nambahin Incek, no smoking juga kalo bisa…

     
    • incekrajo

      November 22, 2009 at 10:56 am

      benar sekali mas tukang photo…
      hehehe..

       
  14. Usup Supriyadi

    November 23, 2009 at 1:21 pm

    No dugem. No Porn. No Drugsโ€ฆ

    ๐Ÿ™‚

    untuk yang pertama, agaknya dipertimbangkan.
    soalna saya kadang suka dugem, Wwkwkwkwwkwkwkw…
    sesekali saja, dan itupun dugem yang cukup wajar-wajar sajalah…

    ***
    bagus, banyak postingan tentang tarian, kebetulan saya juga hobi menari, menari sebuah sarana refleksi jiwa juga loh.

    mari menari!!!

    lestarikan budaya seni tari, ya dengan menarikannya!

    Hahahahaha ๐Ÿ™‚

     
    • IncekRajo

      November 25, 2009 at 10:27 am

      wah suka menari juga yah mas…
      mari menari…!!

       
  15. bri

    Desember 17, 2009 at 9:53 am

    pagii kawan… ๐Ÿ™‚
    ikutan menarii sambil nyanyi nyanyii

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: