RSS

Berat di Ongkos

01 Sep

Gara-gara ulah dan kelakuan sopir-sopir angkot di Bandung ini nih akhirnya gw “tergelitik” (ini make kata temen gw yang namanya Catra) buat nulis lagi di blog yang agak gak terurus ini. Terimakasih banget om-om para sopir angkot. Kau sumber inspirasi.

Bagi yang tinggal di Bandung mungkin juga ngerasain nih apa yang gw rasain, terutama buat anak kos. Tapi kalo lo baru tinggal di Bandung pasti gak bakal ngerasa lah ya. Oh iya, ini berlaku kalo lo anak kos dan lo ngangkot kemana-mana. Yak, kita bicara tentang angkot bro, akhir-akhir ini gw agak sering berkeliaran menggunakan angkot. Maklumlah biasanya kerjaan gw cuma ngampus doang trus balik ke kosan. Karena ya kebetulan aja udah mau libur lebaran, dan banyak yang minta dibawain ini itu lah. Jadi ceritanya gw keliling-keliling bandung dengan angkot untuk mencari barang-barang titipan sodara dan temen-temen gw di Padang.

Mulailah kecurigaan gw dengan awalnya gw pergi ngampus dulu dengan lupa bawa recehan, maksudnya duit seribuan (tahun 2020 kan duit seribu jadi duit seperak). Biasanya sih persediaan duit ribuan gw lumayan, jadi bayarnya pake uang pas, nah ini hari gw lupa bawa uang ribuan dan gw bayarlah dengan uang pecahan lima ribuan. Firasat gw mulai gak enak nih pas sang sopir angkot nerima duit gw dengan agak nyengir. “Nih kembaliannya dek”, sambil ngasih duit kembalian tiga ribu lima ratus yang uang lima ratusnya dicari-cari dulu kemana-mana. Dengan muka penuh senyuman sopir angkot ini ngasih kembalian ke gw. “Kok cuma segini a’? gope’ lagi dong, gw kan cuma dari Cisitu”. Dengan mimik muka penuh bahagia dan rasa bangga dia jawab sekenanya, “makanya bayar pake uang pas sep…”. “Jing”, dalam hati gw udah mau gw lempar tuh duit kembalian ke muka tuh sopir, tapi jangan deh, jadinya gw tambah rugi tiga ribu lima ratus. Akhirnya dengan perasaan kesal gw ngampus juga.

Siangnya abis ngampus emang sesuai rencana tadi gw mau keliling Bandung buat nyari oleh-oleh nih. Gw persiapkanlah duit pecahan-pecahan seribuan buat ngangkot. Angkot pertama yang gw naikin adalah angkot jurusan Caheum-Ledeng, kalo jenis angkot yang satu ini sudah dikenal raja “ngetem” sampe-sampe pernah gw mau ke  Ledenga aja dari siliwangi ngetemnya hampir setengah jam. Dengan berstrategi gw gak bakal naek angkot yang kosong, gw nyari yang agak penuh dikit, jadi tuh angkot gak bakal ngetem lagi (tapi banyak juga angkot yang udah penuh masih aja “ngetem”, tai dah). Yah bener tuh angkot gak “ngetem”, dan dari logat-logatnya nih sopir kyknya orang Batak (maaf ye bukannya rasis). Tiba-tiba aja ada seorang penumpang di sebelah gw turun, (ya iya lah tiba-tiba, orang dia gak kenal sama gw masa bilang-bilang dulu kalo mau turun). Dan dengan tiba-tiba lagi, kali ini sang sopir angkot “berang-berang” (maksudnya bukan sopirnya jadi beruang, tapi jadi marah gitu) sambil ngelempar duit ongkos yang di bayar sama penumpang tadi ke arah penumpang di belakang. Gw gak inget banget redaksinya tapi yang pasti si sopir angkot bilang gini, “tai bener tuh orang selangkangan kuda, *&%$^@$&^^@&*^, dia kira ini jaman purba bayar ongkos angkot seribu dua ratus lima puluh”, gw kaget juga nahan ketawa masih ada aja orang yang mencurangi hak orang lain (sok bijaknya gw muncul nih , hehe). Si sopirnya marah-marah setelah mobilnya jalan dan si penumpang juga sudah ngacir gak tau kemana. Sambil numjukin ke penumpang yang lain duit lima puluh rupiah itu dia maki-maki tuh penumpang, dia keluarin semua isi hatinya tentang susahnya nyari duit jaman sekarang, mana Bandung semakin macet dan otomatis kalo macet bensin yang dikeluarkan semakin banyak, gak sebanding dengan ongkos yang dibayarkan penumpang. Sebentar, kalo jalanan macet, gak hanya sopir yang rugi, penumpang sebenernya juga rugi waktu. Jadi mungkin karena sama-sama kesal yah begini hasilnya. Pokoknya si sopir ngomel-ngomel sambil ngeluarin semua unek-uneknya dan dihujung celotehannya itu dia bilang, jauh dekat bayar dua ribu lima ratus sekarang. Sopir angkot gak mau ketipu dua kali, mungkin teringan kemungkinan orang bayarnya kurang trus ngacir jadinya si sopir minta ongkos pas angkotnya masih jalan. Agak gimana-gimana nih, tapi ya iklasin ajalah buat dia bakal lebaran dalam hati gw.

Cerita lainnya tentang sopir angkot ini adalah tentang tarif aslinya berapa sih? Apa emang udah naik ato gmn? Gw gak pernah denger ada kenaikan ongkos. Ini pas gw naik angkot yang berkeliaran 24 jam di jantung kota Bandung, angkot Dago-Kalapa. Kadang kalo gw lewat simpang dago suka naik angkot ini ngampus. Dan memang harus ada recehan, sopir angkot ini sepertinya bersekongkol dengan sopir-sopir angkot lainnya tentang penarikan ongkos lebih ini. Gw naik dari simpang dago turun deket2 Kartika Sari, mungkin apesnya gw recehan pun habis dan gw bayar dengan pecahan sepuluh ribu rupiah, dikembaliin delapan ribu otomatis gw protes dong. “dari mana sep?” kata sopirnya. “Dari simpang a’ kok segini??”, ke BIP aja biasanya gw bayar seribu lima ratus, baru kemaren malah gw ke BIP dan gw bayar seribu lima ratus dan memang sopirnya gak minta tambah karena memang ongkosnya segitu. “emang segitu sep..” dan tuh angkot langsung ngacir. Isi perut ayam, apes gw. Kesel lagi dah. Pulangnya dari sana gw turun di simpang dago lagi gw bayar seribu dan sopirnya gak minta tambah berarti ongkosnya seribu. Emang ongkosnya seribu.

Walopun kesel gw tetep puasa cuy, pesen nih buat semuanya. Kalo mau kemana-mana naik angkot, sediakan uang receh terlebih dahulu dan bayarlah dengan uang pas. Jangan dikurangin juga hak orang lain. Buat para sopir angkot kalo ada yang baca tulisan gw ini ya jangan seenaknya dong ngambil ongkosnya. Gw kan anak kos, emang duit gw buat bayar ongkos doang? duit gw buat bayar kos nih. Buat pemda nih, ato siapapun yang ngatur tuh angkot-angkot yang udah gak tertib lagi (kebanyakan kemacetan di bandung akibat jumlah angkot yang kebanyakan lho..). Angkotnya ditertibin dong pak, tarif ongkosnya juga di tertibkan, masa satu trayek tarif ongkosnya beda-beda terutama angkot Caheum-Ciroyom nih, masa pas gw bilang “kemaren saya dari simpang sampe sini ongkosnya cuma segini a’….”. dengan nyantenye dia jawab, ” itu kan angkotnya beda sep…”. ckckcck…..

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada September 1, 2010 inci Alfer 'bout & stories

 

Tag: , ,

14 responses to “Berat di Ongkos

  1. arga.mbuik

    September 1, 2010 at 8:31 am

    pertamax!!
    haha, sabar da. namanya juga “bandung” (no SARA!)

     
    • incekrajo

      September 1, 2010 at 8:43 am

      indak bisa mode iko….
      awak nan punyo nagari ko…
      (dies 33 mode : on)

       
  2. cia

    September 1, 2010 at 11:19 am

    hahhaha..
    selamat..
    yg bagian ke BIP bayar dua ribu ga d masukin??
    bolak balik jadi 4 ribu,,harusnya cuma 3rbu..
    trus bagian cihampelas-simpang harusnya 1500,,eh malah ngasih dua ribu..
    hahhaha…

     
    • alfer

      September 1, 2010 at 11:22 am

      pengen dimasukin tapi takut nanti terlalu kepanjangan…

       
  3. Catra

    September 1, 2010 at 11:47 am

    mungkin supir angkotnya lagi nyari untung tuh, kan udah mau lebaran bro hehe

     
  4. Miftahgeek

    September 1, 2010 at 4:32 pm

    Tapi masih untung dipanggil “sep” 🙂

     
  5. alisnaik

    September 1, 2010 at 5:27 pm

    selamat pagi

    begitulah angkot dengan segala kerumitannya.

    tapi saya juga masih doyan sih naik angkot.
    kalo kepepet.

    terima kasih dan mohon maaf 😮

     
  6. ranranpsycho

    September 2, 2010 at 11:58 pm

    hahaha
    yg sabar atuh a’..
    emg ngeselin tapi mau gmn juga, saat ini kita butuh tu angkot..

     
  7. vany

    September 9, 2010 at 5:20 pm

    Saia udah lama gak naik angkot…
    Jd skrg udah gak bgtu hafal tarif angkot…hehehe
    Tapi, kadang2 memang merasa sebel jg siyh klo ada sopir angkot yg pasang tarif seenaknya ya…
    Btw, met idul fitri ya..
    Minal aidin wal faidzin…

    *slm knl dan mksih udah mampir d blogkuw*

     
  8. Kakaakin

    September 18, 2010 at 1:22 am

    Kalo naik angkot, aku senangnya kalo jendelanya dibuka, supaya nggak mabok 😀 (syapa yg nanya… :mrgreen: )
    Selamat Idul fitri ya…
    Mohon maaf lahir dan batin 🙂

     
  9. Isfa

    September 21, 2010 at 9:13 pm

    yaaa,,, begitulah supir angkot, tarif angkot dan angkotnya, do…

     
  10. willyafurqan

    September 25, 2010 at 4:08 am

    nasib itu bro…

     
  11. kang ian dot com

    Februari 28, 2011 at 2:54 pm

    huehehe jadi inget waktu ke bandung kemaren hehehe

     
    • alfer

      Maret 1, 2011 at 12:37 am

      asik nih ke bandung…gmn waktu ke bandung??

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: