RSS

Ingin Masuk ITB?? Baca ini dulu ya…!

02 Mar

Sejak tanggal 1 Februari lalu, Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 Jalur Undangan telah dimulai. ITB sebagai institut teknologi tentunya mengharapkan agar calon mahasiswa yang diterima merupakan siswa-siswa terbaik dari seluruh Indonesia. Sejak bulan januari lalu, ITB memutuskan untuk menjaring calon mahasiswanya melalui 100% SNMPTN tanpa ujian mandiri. Sekilas kabar ini mungkin terdengar melegakan, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Berikut merupakan beberapa catatan penting versi Kajian Strategis.

Bagaimana Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2011?

Sesuaidengan PP no. 66 Tahun 2010 bahwa penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan pola penerimaan secara nasional minimal berjumlah 60%.

Secara umum, sistem SNMPTN ITB tersebut dibagi menjadi dua :

  1. 60% SNMPTN Jalur Undangan (Pendaftaran : 1 Februari – 12 Maret 2011)
  2. 40% SNMPTN Jalur Tertulis (Pendaftaran : 2 – 24 Mei 2011)

1.      Program SNMPTN Jalur Undangan

Merupakan program PMB yang dibuka bagi seluruh lulusan SLTA/sederajat dengan tahun ijazah 2011, yang memiliki prestasi terbaik di kelas, di SLTA asalnya. Program ini dilaksanakan secara nasional melalui SLTA asal calon peserta, dengan menggunakan nilai Rapor SLTA atau sederajat, semester 1 s.d. semester 5.

Yang termasuk dalam jalur ini adalah peserta Kemitraan Nusantara ITB (KN-ITB) dan peserta program Beasiswa (Beasiswa OSN, BIUS, BIDIK MISI, Beasiswa Biaya Pendidikan, Beasiswa Ekonomi Lemah, dll.). Pendaftaran dilakukan ke Panitia Pusat SNMTPN 2011 melalui masing-masing SLTA  asal calon mahasiswa. Calon mahasiswa tidak diperkenankan mendaftarkan diri secara langsung ke Perguruan Tinggi tujuan.

Persyaratan

Ketentuan yang berlaku bagi calon peserta SNMPTN 2011 – Jalur Undangan, adalah sebagai berikut :

  • SNMPTN 2011 –  Jalur Undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan.
  • SNMPTN 2011 – Jalur Undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
  • Peserta SNMPTN 2011 – Jalur Undangan adalah SMA/MA/SMK Negeri maupun Swasta.
  • SLTA peserta SNMPTN 2011 – Jalur Undangan harus terakreditasi A, B, C oleh BAN-SM dan/atau terdaftar pada database SNMPTN 2010.
  • SLTA peserta SNMPTN 2011 – Jalur Undangan mengirimkan siswa pelamar terbaiknya untuk diseleksi menjadi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang diminati.

Persyaratan Umum Peserta SNMPTN 2011 – Jalur Undangan :

  • Warga Negara Indonesia
  • Siswa Pelamar merupakan siswa yang duduk di kelas 12 dengan prestasi akademik konsisten.
  • Lulus UjianSatuanPendidikandanUjianNasional SLTA atau yang setaratahun 2011
  • KetentuanPeringkat Siswa Pelamar di Kelas, di SLTA asal yang diperkenankan melamar ke SNMPTN 2011 – Jalur Undangan :
    • Akreditasi A (Aksel) : 100% terbaik di kelas
    • Akreditasi A (RSBI/Unggulan) : 75% terbaik di kelas
    • Akreditasi A (reguler) : 50% terbaik di kelas
    • Akreditasi B (reguler) : 25% terbaik di kelas
    • Akreditasi C (reguler) : 10% terbaik di kelas
  • Memiliki prestasi akademik konsisten di SLTA asalnya, dari semester 1 s.d. 5 sesuai dengan ketentuan di atas, dibuktikan dengan rekomendasi dari Kepala Sekolah
  • Bersedia melunasi biaya pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Undangan, sebesar Rp. 175.000,-

2.      Program SNMPTN 2011 Jalur UjianTulis

Merupakan system ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat di Jakarta, yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Ujiantulis yang diselenggarakan dalam rangka  Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri akan dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai PTN di Indonesia.

Mulai tahun 2011,  Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) serta Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) diikutsertakan ke dalam Jalur Ujian Tulis ini. Keduanya dapat diambil melalui jalur ujian IPS, sedangkan fakultas/sekolahlainnya  dapat dipilih melalui jalur ujian IPA. Khusus bagi para peserta SNMPTN yang memilih FSRD, diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan.

Biaya Pendidikan Untuk kedua Jalur

  1. Biaya pendidikan terdiri atas komponen Biaya Pendidikan yang dibayar di Muka (BPM) yang di bayar sekali dan komponen Biaya Pendidikan Pokok (BPP) yang dibayar setiap awal semester.
  2. Untuk tahun 2011 BPM ditetapkan Rp 55.000.000,- per mahasiswa dan BPP Rp 5.000.000,- per mahasiswa per semester. Khusus untuk calon mahasiswa yang diterima di SBM, BPM ditetapkan Rp 80.000.000,- dan biaya SKS sebesar Rp 750.000 per SKS.
  3. Orang tua yang memerlukan bantuan untuk pembiayaan putra/putrinya yang diterima di fakultas/sekolah bukan SBM, dapat mengajukan permohonan subsidi untuk pembayaran BPM yang akan dipertimbangkan sesuai dengan bukti-bukti yang menunjukkan kemampuan ekonomi orang tua. Besarnya subsidi akan bervariasi: 25%, 50%, atau 75%.
  4. Subsidi 100% baik BPM maupun BPP diberikan kepada mahasiswa baru yang berasal dari keluarga golongan ekonomi lemah dengan penghasilan keluarga yang tidak memungkinkan membiayai studi anggota keluarganya di perguruan tinggi. Sesuai dengan ketentuan pemerintah, ITB mempersiapkan subsidi 100% ini bagi minimum 20% mahasiswa yang akan diterima, yakni untuk lebih dari 600 mahasiswa baru, termasuk untuk mahasiswa baru SBM.
  5. Di samping BPM dan BPP, calon mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis, akan diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran Mahasiswa Baru yang besarnya akan ditentukan kemudian. Namun bagi calon mahasiswa peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis yang menerima subsidi BPM dan BPP sebesar 100%, akan dibebaskan dari kewajiban membayar biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru.

Lebih lengkapnya ada disini “MASUK ITB”

Baca juga http://www.itb.ac.id/usm-itb/

Baca juga http://undangan.snmptn.ac.id/

Source : Berbagai Sumber

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 2, 2011 inci Alfer 'bout & stories

 

2 responses to “Ingin Masuk ITB?? Baca ini dulu ya…!

  1. Miftahgeek

    Maret 4, 2011 at 2:27 pm

    55juta?? 80juta?? O_o

     
    • alfer

      Maret 5, 2011 at 9:32 pm

      kenapa om??

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: