RSS

(Masih) Melukis dengan Cahaya, Dies Natalis UKM-ITB. #DN36

28 Apr

Tahun ini UKM-ITB berumur 36 tahun, dan seperti tahun-tahun sebelumnya UKM-ITB merayakannya dengan berbagai acara yang spektakuler. Mulai dari wisata kuliner, tari massal, pameran kebudayaan, hingga malam pegelaran. Tahun ini UKM-ITB merayakan ulang tahunnya dengan acara tari piring massal serta randai di jalan Dago sewaktu Car Free Day tanggal 17 April lalu, lomba karya ilmiah untuk tingkat SMA, dan ditutup dengan malam pagelaran kesenian yang berlangsung di sabuga 22 April yang lalu.

Clossing Pagelaran (Photo by: Angel)

Tema untuk perayaan ulang tahun kali ini adalah “Minangkabau for Indonesia”, dimana minangkabau sebagai bagian dari budaya Indonesia yang harus tetap kita lestarikan. Indonesia memang memiliki banyak ragam budaya, tetapi jika tidak dilestarikan budaya itu akan hilang begitu saja, dan jangan salahkan siapa-siapa jika nanti budaya yang seharusnya milik kita direbut oleh orang lain.

Tahun ini gw udah bisa dibilang swasta atau angkatan atas soalnya gak megang kepengurusan lagi. Jadinya, konsep dan rancangan acara untuk tahun ini gw gak tau secara pastinya. Gw cuma ngikutin jadwal latihan adek-adek angkatan gw aja. Dulu gw pernah ikut jadi personil dalam pagelaran, itu waktu tahun pertama gw di UKM-ITB. Dua tahun selanjutnya gw cuma jadi dokumentasi aja waktu malam pegalaran berlangsung.

Awalnya gw mikir untuk tahun ini gw mau nonton aja, lagian udah banyak juga yang mau motoin. Tapi ya gak enak juga cuma duduk nonton gitu doang. Untung aja ditawarin sama Bowo buat jadi koordinator lighting di malam pegelaran. Jadi ya gw tetep bisa nonton pagelaran tapi juga bisa ngerjain sesuatu.

Tapi harapan gw buat nonton dengan penuh penghayatan sirna sudah. Gw harus berkonsentrasi sama kerjaan gw, gw harus ngelukis panggung dan alur cerita pegelaran itu dengan cahaya lampu. Gak jauh-jauh dari fotografi lah yang artinya kan melukis dengan cahaya. Gw harus mastiin gak ada cahaya yang miss. Tapi tetep aja ada beberapa yang salah. Adanya orang lighting di sebelah gw yang tiap bentar nanyain apa arti yang dibilang oleh pemain drama yang ngomong pake bahasa minang membuat gw agak susah konsentrasi. Ya enak gak enak juga sih, terpaksa kadang-kadang gak gw tanggepin apa yang dibilang sama si akang.

Awal mulai pegelaran aja gw udah deg-deg kan banget takut salah. Sampai pagelaran beres, gw sama tim lighting malam itu, Paris dan Neo, panik dan takut kalo-kalo salah pencet tombol ato salah timing buat ngasih lampunya. Pas pagelaran beres, gw nyalain semua lampu dan gw merasa sangat lega dan puas dengan apa yang gw lakuin malam itu. Mudah-mudahan bisa membawa penonton mengikuti alur cerita yang dihapkan.

Malam itu banyak juga temen-temen dan keluarga gw yang nonton, jadi ya mesti disamperin dulu sebelum mereka pulang. Diantara mereka ada yang  berkomentar bagus ada juga yang mengkritik drama dan tarinya kurang berasa, tapi musik dan randainya top abis kata mereka. Dan setelah bincang-bincang bentar bareng temen-temen dan beberapa personil yang tampil malam itu gw pamit pulang mau siap-siap pergi ke Jakarta jam 3 pagi, tepatnya gw pergi ke Muara Angke. Nantikan cerita gw berikutnya di Muara Angke .

Iklan
 
6 Komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2011 in Alfer 'bout & stories, Minangkabau

 

Tag: , , , ,

6 responses to “(Masih) Melukis dengan Cahaya, Dies Natalis UKM-ITB. #DN36

  1. uci

    April 28, 2011 at 11:16 pm

    uci jugaaa, lg packing mau ke muara angke besok malem hehehe

     
    • alfer

      April 28, 2011 at 11:43 pm

      asiknya yang sampe pulau pramuka…oleh2 ya…

       
  2. Nur Ali Muchtar

    April 29, 2011 at 9:43 am

    pasti rame acaranya ya om?

     
    • alfer

      April 29, 2011 at 1:12 pm

      iya…rame bgt…mudah2an tahun depan bisa menampung lebih banyak pengunjung lagi….

       
  3. Catra

    Mei 2, 2011 at 7:16 am

    good job bro! tapi lintingan rokok itu kok gak dihisap-hisap ya? 😀

     
    • alfer

      Mei 3, 2011 at 10:51 am

      lintingan rokok yg mana nih? hohoho

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: